Maluku Belajar ke – 23

Di awal tahun ini, beberapa grup media sosial Guru diramaikan dengan adanya kabar bahwa akan dilakukan pengiriman 1000 Guru dan Tenaga Kependidikan ke Luar Negeri untuk menjalani short course dengan berbagai topik, seperti STEAM dan HOTS. Tentu saja ini merupakan berita yang menggembirakan walaupun ada juga yang mempertanyakan. Setelah melewati proses seleksi dan pemberkasan, ke-1000 Guru dan Tenaga Kependidikan tersebut dilepas oleh Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tanggal 27 Februari 2019 di Kemdikbud. Dari 1000an Guru dan Tenaga Kependidikan yang dikirim, 17 Guru di antaranya adalah Guru Matematika jenjang SMP dan SMA dengan negara tujuan Korea Selatan, tepatnya di Korea National University of Education (KNUE), Cheongju.

Banyak cerita yang telah dibagi teman-teman tersebut di media sosial mereka masing-masing, misal tentang adanya program Free Semester System (FSS) di mana siswa bebas memilih mata pelajaran sesuai cita-cita atau karier yang dia inginkan selama satu semester dan tanpa adanya “ujian akhir semester”, dynamic digital textbook, 4D Frame yang sedang booming di beberapa negara, Math Tour yang menggabungkan sejarah dan Matematika, 3D printing, Sekolah Demokrasi, Maker Learning, Mechatronics, Scratch, GeoGebra 2D, GeoGebra3D, GeoGebra AR, dan lainnya. Beruntungnya Maluku Belajar karena menjadi salah satu wadah bagi mereka untuk berbagi cerita, pengalaman dan ilmunya kepada kita semua. Bukan hanya 1 orang, tapi 2 sahabat Guru Matematika yang akan berbagi bersama kita.

Bapak Asmar Ahmad, salah seorang Guru Matematika di SMAN 17 Makasar dan Yandri Soeyono, Guru di SMAN 2 Kei Kecil Maluku Tenggara akan berbagi tentang GeoGebra, namun bukan sekedar untuk menyelesaikan atau membantu dalam menyelesaikan masalah Matematika atau mengkonstruk pengetahuan tentang Matematika, akan tetapi pemanfaatannya sebagai suatu Learning Management System (LMS)/Kelas Virtual. Tentu saja, cerita tentang pendidikan Korea Selatan dan pengalaman mereka selama berada 21 hari di sana akan dikulik untuk menambah wawasan kita.

Kedua pemateri ini tidak sendiri, mereka akan ditemani pak Yasir Nur Bachtiar dari SDN 1 Mokupa, Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Beliau juga merupakan salah satu peserta short course program 1000 Guru ke Luar Negeri dengan negara tujuan adalah Malaysia. Kami yakin, trio Guru Hebat ini akan memberikan pembelajaran via vicon ini menjadi lebih bermakna dan bermanfaat.

Kapan dan dimana?
Kunjungi www.webex.com
Join dengan memasukkan room meeting 574 221 736
Password 12345
atau bisa juga langsung klik pada link berikut ini
http://gg.gg/MalukuBelajar-23

Minggu, 7 April 2019
Pukul 19.00-21.00 WIB
Jangan lupa siapkan kopi, teh, susu, beserta gorengan nikmat untuk menemani kita semua malam nanti..

Hadirr yaa..

Maluku Belajar
Share It, Join Us, And Learn Together

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *