Sidaring 26 Coding “Kimchi” Dari Korea

Kimchi merupakan makanan khas tradisional dari Korea Selatan. Ia seperti makanan wajib yang senantiasa ada di seluruh penjuru negeri ini. Kimchi memang hanya sayuran yang difermentasi dengan bumbu khas sehingga menghasilkan rasa yang pedas dan asam yg menyegarkan. Namun meski demikian, bagi masyarakat Korea, rasanya kurang sempurna jika saat makan tidak ada kimchi. Sebenarnya apa rahasia yg tersembunyi di balik kimchi?

Usaha memaknai rahasia di balik filosofi kimchi ternyata merupakan satu dari perjuangan peserta Short Course Program 1000 guru yg digagas Dirjen GTK dan PPPPTK Matematika di Korea pada bulan Maret tahun ini . Kimchi, udara dingin di bawah nol derajat, perbedaan budaya dan bahasa menjadi tantangan dari dua puluh guru Matematika Indonesia yang dikirim Kemendikbud untuk belajar ke Korea Selatan. Tantangan mencari makna di balik 20 materi dan 8 tour pendidikan yg diberikan selama 3 minggu oleh para guru besar Korea National University of Education dan guru2 terbaik lembaga pendidikan di sana. Sekretaris Ikatan Guru Mata Pelajaran Matematika Indonesia – IGI , Chandra Sri Ubayanti, M.Pd, adalah salah satu guru matematika dari SMA Negeri 1 Fakfak Papua Barat yang memperoleh kesempatan belajar langsung Higher Order Thinking, dan berhasil menembus tantangan-tantangan bagaimana asamnya kimchi dan dinginnya iklim Korea di program ini.

Tentu saja banyak hal menarik yang dipelajari di sana, seperti 4D frame, Logo, Scratch, Augmented Reality, Geogebra Math Tour, from plane to solid, atau maker movement yang dapat mengungkit tumbuhnya higher order thinking skill activities. Semua secara overall akan dipaparkan bu Chandra dalam Sidaring Episode ke 26 ini.

Bu Chandra akan membuka tirai Diskusi Matematika dalam Jaringan (Sidaring-IGI) yang sudah lama redup dengan sajian sehangat Kimchi yang mengikat, memfermentasi pengetahuan-pengetahuan matematika terkini. Bagaimana coding math yang digandrungi siswa-siswa di Korea juga membantu bernalar, berpikir kritis-logis matematis para siswa di Indonesia, sayang rasanya bila dilewatkan begitu saja.

Sidaring ke 26 tayang pada Sabtu / 6 April 2019 mulai pukul 19.15 WIB dipandu oleh Dina Widiastuti, guru Matematika dari Bondowoso Jawa Timur sebagai host yang akan mengarahkan diskusi Matematika ini menjadi diseminasi yg lebih menarik. Kami mengajak guru-guru hebat Indonesia mengikuti kegiatan ini
dengan cara :

Buka browser di komputer anda, klik webex.com atau buka di Android pada aplikasi Webex
Masukkan kode room 572 252 245
Password 12345

Lets join, lets learning together
Sidaring tanpa garing untuk Matematika hebring

Tim Sidaring

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *